Cara Membersihkan Dapur Anda Dengan Benar

Cara Membersihkan Dapur Anda Dengan Benar

Berita Terbaru – Kebanyakan orang berusaha menjaga kebersihan dapurnya setiap hari, baik dengan cara menyapu sisa makanan yang tumpah atau melap kompor setelah digunakan. Tapi, persiapan memasak dan acara memasak dapat membuat kotoran dan minyak jadi menumpuk, sehingga proses membersihkannya jadi semakin sulit. Walaupun membersihkan dapur bukan jadi aktivitas kesukaan banyak orang, tapi hal ini sangat penting kalau Anda ingin menjaga kebersihan dan higienitas dapur Anda. Semakin rutin Anda membersihkan dapur, semakin mudah pula tugas Anda. Berikut ini adalah gambaran singkat mengenai cara membersihkan dapur Anda dengan lebih benar :

Cara Membersihkan Dapur Anda Dengan Benar

Membersihkan Peralatan Dapur

Lemari dan meja dapur sebaiknya jadi prioritas utama saat Anda membersihkan dapur. Keluarkan semua isi lemari dan laci dapur Anda. Gunakan semprotan disinfektan dan kain untuk menyeka bagian dalam lemari dan laci. Lap juga bagian luar lemari serta rak. Untuk pintu lemari dapur, Anda cukup membersihkannya dengan air hangat yang dicampur dengan sabun cuci. Tapi kalau pintu dapur Anda terbuat dari kayu murni, Anda membutuhkan pembersih khusus. Kalau pegangan lemari dapur Anda terlihat berminyak, lepaskan pegangannya dan rendam pegangannya sebelum menyekanya. Anda harus memoles pegangan dari kayu dan logam setelah kering agar pegangan kembali berkilau seperti baru. Setelah semua dibereskan, semprotkan pembersih pada meja dan lantai dapur lalu lap dengan kain bersih.

 Membersihkan Meja Dan Lemari

Peralatan dapur yang paling sulit dibersihkan adalah oven dan kulkas. Tapi kalau Anda membersihkan dua peralatan dapur ini secara bersamaan, Anda akan menghemat banyak waktu dan energy. Lepaskan oven dari sumber listrik dan gasnya dan keluarkan rak didalamnya. Semprotkan pembersih oven ke bagian dalam oven dan ke pintu oven. Pastikan Anda menggunakan sarung tangan dan terdapat ventilasi yang baik di dapur. Lepaskan tatakan kompor di bagian atas oven dan olesi dengan pembersih. Masukkan ke dalam oven dan biarkan selama setidaknya sekitar 30 menit. Lalu, cabut sumber listrik kulkas dan keluarkan semua isi kulkas serta freezer. Buang semua makanan yang sudah basi atau bahkan sudah jamuran, dan simpan bahan makanan mentah seperti daging dan ikan di dalam kotak pendingin terpisah selama Anda membersihkan kulkas. Bahan makanan mentah seperti itu tidak boleh berada di luar kulkas selama lebih dari 20-30 menit. 

Beberapa tips tentang cara membersihkan dapur Anda dengan benar di atas, semoga dapat sedikit membantu Anda dalam menjaga kebersihan dapur di rumah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *